Jl. Sawo Manila, Pejaten Ps. Minggu Jakarta 12520

Perang Aplikasi Pesan Instan di Smartphone

Bagi pengguna smartphone, layanan pesan instan tentu sudah menjadi aplikasi terfavorit. Bagaimana tidak, layanan pesan instan ini tentu akan semakin memudahkan komunikasi dengan orang-orang yang kita kenal. bahkan memungkinan untuk mengenal orang-orang baru melalui layanan ini.

perang-pesan-instan-unas

Pada awal-awal gandrungnya masyarakat Indonesia akan hp blackberry, layanan blackberry messanger menjadi amat sangat penting bagi sebagian orang, bahkan ada sebagian orang yang membeli handphone blackberry hanya untuk menikmati layanan bbmnya saja.

Seiring berjalannya waktu dan semakin gencarnya gempuran ponsel pintar bersistem operasi iOs dari apple dan android dari google, layanan pesan instan semakin marak, semakin beragam nama dan semakin banyak fitur yang ditawarkan.

Gempuran layanan pesan instan whatsapp yang lintas platform, membuat layanan ini menjadi aplikasi favorit untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan, meskipun hp yang digunakan beda-beda platform. penetrasi penggunanya pun semakin pesat.

Kemudian aplikasi-aplikasi serupa tapi tak sama pun beredar, seperti line, kakao talk dan wechat yang cukup mencuri perhatian. meski sebenarnya ada beberapa layanan serupa lainnya namun tidak terlalu booming seperti ketiga aplikasi pesan instan tersebut.

Line tampil menawan dan lebih interaktif dengan menampilkan sticker-sticker lucu, ditambah iming-iming layanan telepon gratis sesama pengguna line disamping layanan standar seperti berbagi gambar dan file. Hal yang sama pun dilakukan kakako talk, dengan iming-iming telpon yang free, layanan ini cukup mendapat respon baik dari masyarakat. ditambah gencarnya iklan yang menampilkan bintang boyband korea. Sementara wechat datang mengandalkan layanan push to talk, serta layanan menemukan teman baru.

Line dan kakao talk juga semakin memanjakan penggunanya dengan menghadirkan game-game gratis yang seru dan dapat berkompetisi dengan teman-teman pengguna layanan tersebut.

Baca Juga :   Head to Head BB Z10, iPhone 5 dan Galaxy SIII

Nah, dari berbagai jenis aplikasi pesan instan tersebut, aplikasi mana yang kamu gunakan?