Penggunaan Web Kuliah dan Mengatasi permasalahan permasalahan yang terjadi di Web Kuliah

Posted on November 4, 2020 by Admin in Berita, Tips Trick and Tutorial

Cara mengakses Web Kuliah Universitas Nasional

Awal sebelum mengikuti perkuliahan online, terlebih dahulu akses webkuliah ke http://webkuliah.unas.ac.id atau akses ke http://unas.ac.id kemudian pilih webkuliah. Setelah masuk webkuliah.unas.ac.id, silahkan login menggunakan NPM dan Password yang sudah diterima.

Dashboard adalah tampilan utama setelah mahasiswa login. Di dashboard terdapat beberapa fasilitas diantaranya melihat Profil pribadi, Notification, Recently accessed courses, Course overview, dan sitebar yang berisi dashboard, Site home, Calender, Private file, dan My Course. 

Terkadang terjadi permasalahan setelah login yaitu invalid parameter. Invalid parameter ini muncuk dikarenakan website web kuliah di auto translate dari browsernya. Mengatasi permasalahan ini sangatlah mudah dengan cara mematikan auto translate di browsernya. Pada option translated pilih never translate this site (jangan terjemahkan situs ini).

Profil pribadi dapat di lihat dengan cara klik foto profil atau klik sebelah kanan ikon lonceng (notification) kemudian pilih profil. Dalam profil dapat melihat course yang berisikan beberapa matakuliah yang sedang di ambil. Ada juga detail, fasilitas ini berisikan data pribadi mahasiswa, Course detail, Report, Login activity dan forum.

Notification merupakan pemberitahuan informasi jika ada dosen di salah satu matakuliah yang memberikan tugas dan ujian di web kuliah. Dari notification ini mahasiswa juga dapat melihat informasi informasi lain yang di informasikan dari dosen ke mahasiswa yang bersangkutan jika mahasiswa yang bersangkutan belum memposting atau reply di forum perkuliahan online. Berkaitan dengan forum perkuliahan online, nanti kita akan bahas di pertemuan berikut nya.

Recently accessed courses adalah matakuliah terakhir yang pernah di akses oleh mahasiswa. Kemudian ada course overview, Course overview ini adalah tampilan seluruh matakuliah yang di ambil. Mahasiswa dapat mengakses ke matakuliah yang di inginkan dengan memilih salah satu matakulih.  Terkadang di course overview ini ada terdapat masalah, masalah tersebut adalah ada beberapa matakuliah yang tidak tampil atau semua matakuliah yang tidak tampil. Masalah ini ada 3 faktor, yaitu:

  1. Jadwal belum di setujui oleh dosen pembimbing akademik atau di posting oleh mahasiswa,

Cara mengatasinya: Hubungi dosen pembimbing akademik atau secretariat fakultas/prodi atau segera posting jadwal.

  1. Jadwal belum di import ke web kuliah dikarenakan perkuliahan sudah di mulai tetapi jadwal baru di setujui oleh dosen pembimbing akademik atau baru di posting mahasiswa,

Cara mengatasinya: Hubungi SPA Online supaya segera di import matakuliah

  1. Ada matakuliah yang terhidden oleh pengguna web kuliah,

Cara mengatasinya: klik menu filter yang bertulisan ALL (except hidden), In Progress, Future, Past, Starred, atau Hidden.

  • All (except hidden): Menampilkan keseluruhan matakuliah kecuali Hidden.
  • In Progress: Menampilkan matakuliah yang masih dalam proses pembelajaran.
  • Future: For courses to appear in the ‘Future’ section, the student must be enrolled in them even though the course start date is in the future.
  • Past: For courses to appear in the ‘Past’ section, the course end date must be in the past or the course must be completed.
  • Starred: Menampilkan hanya yang di tandai dengan star this course.
  • Hidden: Menampilkan hanya yang di hidden. Jika ada matakuliah yang di hidden maka coba klik titik 3 (…) kemudian show this course.

Ada juga permasalahan lainnya yaitu jadwal yang tidak ada di KRS pada akademik online tetapi di webkuliahnya tampil. Masalah ini mahasiswa dapat menghubungi SPA Online untuk menyamakan kembali dengan KRS yang berada di akademik online. Permasalahan ini biasanya terjadi di karenakan matakuliah yang sudah di setujui oleh dosen pembimbing akademik dan sudah di import ke web kuliah kemudian mengubah kembali jadwal matakuliah (KRS).

Sebelum memulai perkuliahan, pastikan dahulu matakuliah dan kelas yang di ambil, bisa di lihat di http://apps.unas.ac.id.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill before send * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

  • Contact

    penerimaan
    Kampus Universitas Nasional
    Jl. Sawo Manila, Pejaten
    Ps. Minggu Jakarta 12520

    Telp: (021) 7806700
    Faks: (021) 7802718
    Email: info@unas.ac.id